TUGAS AUDIT TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI


TUGAS !!!
1.    Jelaskan secara singkat apa itu audit ?
2.    Jelaskan kenapa perlu adanya Audit SI di perusahaan?
3.    Jelaskan secara singkat tahapan Audit SI?
4.    Pada Information Technology Service Management, Jelaskan secara singkat  tentang
-       COBIT
-       ITIL
-       ISO-27001

JAWAB :
1.    Pengertian Audit SI
Ø Audit adalah Proses pengumpulan dan evaluasi bukti-bukti untuk menentukan apakah sistem komputer yang digunakan telah dapat :
-       melindungi aset milik organisasi,
-       mampu menjaga integritas data,
-       membantu pencapaian tujuan organisasi secara efektif,
-       menggunakan sumber daya yang dimiliki secara efisien.
Ø Audit SI/TI merupakan upaya menilai apakah proses IT sudah dilakukan dengan baik untuk mendukung tujuan organisasi dengan melakukan pengendalian dari outcome yang dihasilkan.
2.    Pentingnya Audit bagi Perusahaan
Audit Sistem Informasi merupakan hal yang penting bagi sebuah organisasi untuk dapat menghindari:
Ø Kerugian akibat kehilangan data
Ø Kerugian akibat kesalahan pemrosesan computer
Ø Pengambilan keputusan yang salah akibat informasi yang salah
Ø Kerugian karena penyalahgunaan komputer (Computer Abused)
Ø Nilai hardware, software dan personil sistem informasi
Ø Pemeliharaan kerahasiaan informasi

3.    Tahapan- tahapan Audit SI
a.    Perencanaan (Planning)
Tahap perencanaan ini yang akan dilakukan adalah menentukan ruang lingkup (scope), objek yang akan diaudit, standard evaluasi dari hasil audit dan komunikasi dengan managemen pada organisasi yang bersangkutan dengan menganalisa visi, misi, sasaran dan tujuan objek yang diteliti serta strategi, kebijakan-kebijakan yang terkait dengan pengolahan investigasi.

b.   Pemeriksaan Lapangan (Field Work)
Ø Pengumpulan informasi yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dengan pihak-pihak yang terkait.
Ø Metode pengumpulan data yaitu: wawancara, quesioner ataupun melakukan survey ke lokasi penelitian.

c.    Pelaporan (Reporting)
Ø Setelah proses pengumpulan data, maka akan didapat data yang akan diproses untuk dihitung berdasarkan perhitungan maturity level.
Ø Pada tahap ini yang akan dilakukan memberikan informasi berupa hasil-hasil dari audit.
Ø Perhitungan maturity level dilakukan mengacu pada hasil wawancara, survey dan rekapitulasi hasil penyebaran quesioner.

d.   Tindak Lanjut (Follow Up)
Ø Tahap ini yang dilakukan adalah memberikan laporan hasil audit berupa rekomendasi tindakan perbaikan kepada pihak managemen objek yang diteliti
Ø Wewenang perbaikan menjadi tanggung jawab managemen objek yang diteliti apakah akan diterapkan atau hanya menjadi acuhan untuk perbaikan dimasa yang akan datang.
4.    Pengertian ( COBIT, ITIL, ISO-27001 )
a.    COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology)
Merupakan audit sistem informasi dan dasar pengendalian yang dibuat oleh Information Systems Audit and Control Association (ISACA) dan IT Governance Institute (ITGI) pada tahun 1992.
COBIT merupakan kombinasi dari prinsip-prinsip yang telah ditanamkan yang dilengkapi dengan balance scorecard dan dapat digunakan sebagai acuan model (seperti COSO) dan disejajarkan dengan standar industri, seperti ITIL, CMM, BS779, ISO 9000.
Kriteria Informasi berdasarkan COBIT
Untuk memenuhi tujuan bisnis, informasi perlu memenuhi kriteria tertentu, adapun 7 kriteria informasi yang menjadi perhatian COBIT, yaitu sebagai berikut:
1.    Effectiveness (Efektivitas). Informasi yang diperoleh harus relevan dan berkaitan dengan proses bisnis, konsisten dapat dipercaya, dan tepat waktu.
2.    Effeciency (Efisiensi). Penyediaan informasi melalui penggunaan sumber daya (yang paling produktif dan ekonomis) yang optimal.
3.    Confidentially (Kerahasiaan). Berkaitan dengan proteksi pada informasi penting dari pihak-pihak yang tidak memiliki hak otorisasi/tidak berwenang.
4.    Intergrity (Integritas). Berkaitan dengan keakuratan dan kelengkapan data/informasi dan tingkat validitas yang sesuai dengan ekspetasi dan nilai bisnis.
5.    Availability (Ketersediaan). Fokus terhadap ketersediaan data/informasi ketika diperlukan dalam proses bisnis, baik sekarang maupun dimasa yang akan datang. Ini juga terkait dengan pengamanan atas sumber daya yang diperlukan dan terkait.
6.    Compliance (Kepatuhan). Pemenuhan data/informasi yang sesuai dengan ketentuan hukum, peraturan, dan rencana perjanjian/kontrak untuk proses bisnis.
7.    Reliability (Handal). Fokus pada pemberian informasi yang tepat bagi manajemen untuk mengoperasikan perusahaan dan pemenuhan kewajiban mereka untuk membuat laporan keuangan.

b.   ITIL (Information Technology Infrastructure Library)
Adalah suatu rangkaian dengan konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan (TI). Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya.
ITIL memberikan deskripsi detil tentang beberapa praktik (TI) penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi (TI).
Walaupun dikembangkan sejak dasawarsa 1980-an, penggunaan ITIL baru meluas pada pertengahan 1990-an dengan spesifikasi versi keduanya (ITIL v2) yang paling dikenal dengan dua set bukunya yang berhubungan dengan ITSM (IT Service Management), yaitu Service Delivery (Antar Layanan) dan Service Support (Dukungan Layanan).
Pada awalnya ITIL adalah serangkaian lebih dari 40 buku pedoman tentang pengelolaan layanan IT yang terdiri dari 26 modul. Perpustakaan besar pertama ini juga dikenal sebagai ITIL 1.0. Antara 2000 dan 2004 disebabkan oleh peningkatan pelayanan yang berkesinambungan dan adaptasi terhadap situasi saat ini dalam lingkungan (TI) modern ITIL 1.0 di rilis besar dan digabungkan menjadi delapan inti manual: ITIL 2.0. Pada awal musim panas 2007 ITIL 3.0 diterbitkan. Ini didirikan struktur yang sama sekali baru. Ini terdiri dari tiga bidang utama:
·      ITIL Core Publikasi
·      ITIL Pelengkap Bimbingan
·      ITIL Web Support Services

c.    ISO-27001
ISO 27001 ini merupakan standar keamanan untuk informasi yang disampaikan melalui media elektronik. ISO yang berlaku pada saat artikel ini ditulis adalah ISO 27001:2013 atau ISO/IEC 27001:2013. ISO 27001:2013 ini menggantikan ISO 27001:2005. Pada ISO 27001 ini akan diuraikan mengenai spesifikasi dari information security managemen system atau ISMS. Perusahaan atau organisasi yang memenuhi standar ini akan mendapatkan sertfifikasi setelah menyelesaikan proses audit secara resmi. 
Penerapan ISO 27001 dan pemberian sertifikat bervariasi dari suatu situasi ke situasi yang lain. Secara umum kebutuhan penerapan iso 27001 ada dua yaitu
1.    Efisiensi dan efektifitas internal perusahaan
Dengan menerapkan ISO 27001 ini diharapkan perusahaan dapat menerapkan standar internasional yang sudah dilakukan melalui riset yang ketat. Perusahaan tidak perlu melakukan riset hal-hal apa yang perlu diterapkan mengenai ISO 27001, tinggal mengikuti dan menyesuaikan apa yang diuraikan oleh ISO 27001.
  
2.    Mendapatkan sertifikat
Bagi perusahaan yang memberikan layanan data center selain untuk efisiensi dan efektifitas layanan data center,  penerapan ISO 27001 merupakan sarana yang baik berkaitan pemasaran layanan perusahaan.
Bagi perusahaan yang berkecimpung di aplikasi dan menyewakan aplikasinya mungkin perlu memahami ISO 27001 sebagai pegangan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan calon pelanggan kita berkaitan dengan keamanan dan ketersediaan aplikasi yang kita sewakan. Kita juga dapat memilih provider cloud yang memenuhi standar ini. Tentu saja jika kita telah serius menyewakan aplikasi kita dan menunjukkan bahwa layanan kita handal kita harus menguasai ISO 27001 dan memastikan infrastruktur kita memenuhi standar ISO 27001.
ISO 27001 ini dikembangkan oleh team ISO/IEC  yang bergabung dengan komite teknik JTC 1.  JTC 1 sendiri merupakan lingkungan dalam pengembangan-pengembangan untuk standarisasi ICT (Information and Communication Technology) baik untuk bisnis maupun untuk konsumen. 


Daftar Pustaka

Komentar

Postingan Populer